Adsense Indonesia

Breaking News
SEO Reports for mathdahlan.blogspot.com

Jangan Lupa LIKE

Minggu, 06 April 2014

Ruang Lingkup Asesmen

Ruang Lingkup Asesmen
v Asesmen Perkembangan
1.    Aspek perkembangan kognitif
Perkembangan kognitif yaitu perkembangan anak dalam proses pembentukan konsep dan pengertian sehingga mengembangkan pengetahuan anak, berupa :
a. Perkembangan bahasa : kosa kata, bahasa reseptif dan bahasa ekpresif.
b. Perkembangan persepsi : membedakan bentuk, mengelompokkan & mengenal urutan objek.
c. Konsentrasi : perhatian pada objek.
d. Memori/daya ingat : jangka panjang dan jangka pendek.

2.    Aspek perkembangan sosial

Perkembangan sosial yaitu kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orang lain dalam situasi tertentu :
a. Melakukan adaptasi dengan lingkungan
b. Menilai situasi
c. Mengikuti aturan
d. Membedakan kepemilikan barang.

3.    Aspek perkembangan emosi
Perkembangan emosi yaitu kemampuan dalam mengekpresikan perasaan berupa perasaan : gembira, marah, sedih, takut, dan keberanian.

4.    Aspek perkembangan motorik
Perkembangan motorik yaitu kemampuan dalam melakukan gerak, baik gerakan kasar maupun halus, dan keseimbangan, meliputi:
a. Melakukan gerakan kasar (gross motor)
b. Melakukan gerakan halus (fine motor)
c. Keseimbangan (balance).

v Asesmen Akademik
1.    Aspek Membaca
Membaca merupakan salah satu bidang pelajaran yang cukup penting di sekolah, karena keterampilan membaca menjadi dasar penguasaan berbagai materi untuk bidang studi lainnya. Membaca juga merupakan proses kompleks yang melibatkan tiga keterampilan, yaitu:
a.    Mengenal kata
b.    Memahami bacaan
c.    Keterampilan aplikasi

2.    Aspek Menulis
Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa. Dalam pembagian kemampuan berbahasa, menulis selalu diletakkan paling akhir setelah kemampuan menyimak, berbicara, dan membaca.

3.    Aspek Berhitung
Berhitung merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai anak mulai dari tingkat dasar sampai tingkat selanjutnya. Asesmen berhitung dilakukan untuk menggali informasi tentang bagaimana tingkat pencapaian prestasi berhitung, apa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki anak. McLoughlin dan Lewis menegaskan ada empat aspek yang menjadi cakupan asesmen berhitung, yaitu:
a.    Kesiapan berhitung
b.    Komputasi
c.    Pemecahan masalah
d.   Aplikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By